Jl. Universitas No.21, Universitas Sumatera Utara doktoralikm@usu.ac.id

Studi Lapangan Mahasiswa Program Doktor FKM USU di Kabupaten Karo

Medan – FKM USU: Mahasiswa Program S3 IKM FKM USU melaksanakan studi lapangan di Desa Semangat Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo berturut-turut pada 8-9 November 2019 dan 21-22 Desember 2019. Studi dilakukan untuk mengeksplorasi kehidupan petani sayur di daerah tersebut, terutama berkaitan dengan penggunaan pestisida dalam hubungannya dengan status kesehatan masyarakat. Selain melakukan wawancara mendalam kepada para petani, para mahasiswa juga melakukan wawancara dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karo untuk mengetahui bentuk intervensi yang dilakukan dalam upaya mengurangi risiko yang diakibatkan penggunaan pestisida.

Hasil studi mahasiswa menunjukkan bahwa petani sayur di Desa Semangat 100% masih menggunakan pestisida untuk membasmi hama tanamannya. Sayangnya mereka jarang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) pada saat melakukan penyemprotran hama dengan alasan tidak nyaman dan tidak leluasa. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, penyakit terbanyak di Desa Semangat didominasi oleh ISPA, TBC, diare, dan penyakit tidak menular seperti hipertensi.

Studi lapangan ini merupakan penerapan mata kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif. Mahasiswa juga melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya penggunaan pestisida dan pentingnya para petani untuk menggunakan APD.

22 desember a

22 desember b