Jl. Universitas No.21, Universitas Sumatera Utara doktoralikm@usu.ac.id

HKN ke-57: Go Green and Public Health Day

Medan – FKM USU: FKM USU mengadakan kegiatan bertema “Go Green and Public Health Day” di dua lokasi, yaitu Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelandan Desa Regemuk Kecamatan Pantai Labu,

Kabupaten Deli Serdang selama dua hari berturut-turut (10 – 11 November 2021). Kegiatan yang dilaksanakan di daerah binaan FKM ini dilaksanakan dalam rangka memeringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, 12 November 2021.

Kegiatan penghijauan di Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan dilakukan dengan penanaman sebanyak 700 pohon berbagai jenis tanaman di tepi Daerah Aliran Sungai (DAS) Deli. Kegiatan ini dilakukan sivitas akademika FKM USU bersama-sama dengan masyarakat setempat yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pemerintahan Labuhan Deli Zulfikar SH. Adapun kegiatan penghijauan yang dilaksanakan di Desa Regemuk Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang, selain juga memberikan sebanyak 800 berbagai jenis tanaman kepada masyarakat setempat, juga dilaksanakan penanaman tanaman mangrove di Pantai Labu. Menurut Dekan FKM USU Prof. Dr. Dra. Ida Yustina, M.Si yang memimpin dua kegiatan tersebut secara langsung, kegiatan penghijauan menjadi pilihan FKM USU tahun ini sebagai wujud gerakan go green. “Melalui kegiatan penghijauan ini, kita mengajak masyarakat untuk aktif menjaga kelestarian lingkungan,” ujar Prof Ida.

Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Regemuk Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya, seperti senam bersama, pemeriksaan kesehatan dasar oleh mahasiswa program studi S3 IKM, dan pengolahan makanan berbasis pangan lokal (pembuatan nugget dari ikan tongkol dan kulit udang) oleh mahasiswa S1.

Lurah Labuhan Deli dan Kepala Desa Regemuk sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan sivitas akademika FKM USU. “Kami berharap kegiatan-kegiatan semacam ini terus dapat dilakukan di daerah kami karena sangat positif buat masyarakat,” kata Kepala Desa Regemuk.

Regemuk

       Pemberian bibit pohon secara simbolis Kelurahan Labuhan Deli, diwakili oleh Kepala Seksi Pemerintahan Labuhan Deli, Zulfikar, SH

regemuk1

regemuk2

                                                                             Penanaman pohon di pinggiran Sungai Deli

regemuk3

                                                                  Sambutan Dekan FKM USU, Prof. Dr. Dra. Ida Yustina, M.Si.

regemuk4

                          Pemberian bibit pohon secara simbolis kepada Desa Regemuk, diwakili oleh Sekretaris Desa Regemuk

regemuk5

regemuk6

                                                                                                               Senam Sehat

regemuk7

                                                               Pemeriksaan Kesehatan Dasar oleh Mahasiswa S3 FKM USU

regemuk8

regemuk9

                    Pengolahan Pangan Lokal (Pembuatan Nugget dari Ikan Tongkol dan Kulit Udang) oleh Mahasiswa S1 FKM USU

regemuk10

regemuk11

                                                                     Penanaman Mangrove di Pinggiran Pantai Labu